Burung Gelatik Wingko

Posted: Sabtu, 13 April 2013 by @pohontua28 in Labels: , , , ,
0

@The Tie


Sekilas
Burung Gelatik Wingko atau yang bernama latin Parus cinereous atau dalam bahasa Inggrisnya Great Tit ini termasuk burung berukuran kecil (13 cm), dengan bulu berwarna hitam, abu-abu, dan putih. Kepala dan kerongkongan gelatik wingko hitam dan ada bercak putih mencolok di sisi muka. Gelatik wingko tergolong burung yang mudah beradaptasi dan cara perawatan serta pemeliharaannya cukup mudah. Karena daya adaptasinya yang cukup tinggi, burung ini relatif lebih cepat untuk berbunyi dibandingkan dengan jenis burung kicau lain. Suara burung ini selain merdu juga memiliki berbagai variasi suara burung lain seperti burung gereja. Burung dengan warna bulu abu-abu hitam ini sangat cocok sebagai isian atau master bagi berbagai jenis burung ocehan lainnya, terutama untuk burung kenari.

Habitat
Burung ini sering ditemukan di area persawahan atau daerah di sekitarnya. Namun saat ini sudah mulai jarang terlihat karena adanya perburuan besar-besaran oleh para penjual.

Perbedaan Jantan dan Betina
Intinya begini untuk yang betina dasi hitamnya cuma sampai ke bagian dada saja dan warna putih di kiri kanan dasi tidak seputih yang di pipinya. Bila gelatik wingko jantan warna dasi hitamnya sampai ke pantatnya.

Makanan
Makanan burung ini berupa voer dan serangga seperti jangkrik, belalang dan kroto atau telor semut dan biji-bijian.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

0 comments: