Burung Trucukan

Posted: Sabtu, 13 April 2013 by shafa naura in Labels: , , , ,
0

@Sang Garuda yang Mulai Terlupakan


Sekilas
Burung Trucukan / Merbah cerukcuk merupakan keluarga dekat burung Cucak Rawa. Memelihara dan merawat burung jenis ini sangatlah mudah. Burung ini bukanlah burung petarung, daya tarung yang ada pada burung ini cenderung akibat tingkat birahi pada level tertentu yang akan membuat burung ini menjaga daerah teritorialnya. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

Habitat
Burung ini sering di temukan di kawasan Asia tenggara, Malaysia, Filipina. Di Indonesia sendiri burung ini banyak ditemukan di daerah daerah seperti Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Bali. Sebagian dari burung ini bermigrasi ke kawasan Indonesia timur seperti Lombok dan Sulawesi.

Perbedaan Jantan dan Betina
1. Jika di dalam rongga mulut berwarna kuning, dipastikan berjenis kelamin jantan
2. Saat ngriwik jambul akan sering terlihat, jika betina tidak.
3. Saat ngriwik, suara jantan akan terdengar lebih keras di bandingkan yang betina.

Makanan
1. Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu 12%-18%), belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Trucukan. Voer diberikan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
2. Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya, karena buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
3. EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

0 comments: