Burung Kacer

Posted: Senin, 01 April 2013 by shafa naura in Labels: , , , , , , ,
2

@The Black Fighter


Sekilas
Burung Kacer (Magpie Robin) memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilannya sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicauan yang merdu. Burung ini sangat menyukai udara panas dan mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar. Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Kacer betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya. Kuda Laut-Mbagong-Mbedesi adalah karakter yang dimiliki setiap burung Kacer, karena ini merupakan karakter dasar dari burung Kacer. Ada beberapa sebab yang membuat burung Kacer mbedesi atau mbagong, yaitu: terlalu birahi, tidak kondisi (mau mabung atau sedang mabung), jatuh mental dan kurang birahi.

Habitat
Penyebaran burung ini di mulai dari China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Jenis
Burung Kacer atau Magpie Robin yang populer di Indonesia saat ini ada dua jenis, yakni kacer hitam yang sering disebut kacer jawa timur dan kacer poci atau kacer sekoci yang sering disebut kacer sumatra. Burung ini memang masih berkerabat yakni sama-sama dalam genus Copsychus.

Perbedaan Jantan dan Betina
1.Kacer putih jantan memiliki warna bulu hitam yang mengkilap, sementara warna bulu kacer putih betina cenderung kusam dan agak keabu-abuan.
2.Pada bagian dada, kacer poci jantan memiliki warna hitam yang mengkilap, sementara si betina berwarna abu-abu.
3.Kicauan kacer poci jantan cukup variatif dan lebih gacor, sebaliknya kacer poci betina memiliki kicauan yang monoton seperti cucak jenggot walau tidak semua betina bertipe demikian.
4.Ukuran bodi kacer dada putih jantan biasanya lebih besar, sementara si betina lebih kecil. (namun ini tidak mutlak)
5.Pada saat masih trotol, bagian dada kacer poci jantan di dominasi oleh trotol hitam dan kombinasi dengan warna putih kekuningan, sementara betina kombinasi trotol dengan warna putih keabu-abuan.

Makanan
1. Voer
Pilihlah voer yang memiliki kadar protein 12-19 % gunakan juga voer yang memiliki merk dan kualitas yang dapat menjamin mutu voernya
2. EF
Jangkrik, Kroto, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Orong-orong, Kelabang, Belalang dan Cacing

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

2 comments:

  1. @Official Gacor-id setuju om...