RSS
Facebook
Twitter

Senin, 27 Mei 2013

Burung Beo


Si Peniru Bersuara Lantang
Sekilas
Secara umum burung beo mempunyai bulu berwarna hitam mengkilap, paruh berwarna kuning dan pada bagian samping kepala dan tengkuk leher terdapat cuping berwarna kuning. Burung beo umumnya digemari sebagai piaraan karena keindahan warna bulu dan kemampuannya menirukan suara. Burung beo dapat meniru kata-kata, kalimat pendek, siulan, nyanyian, atau suara binatang di sekitarnya.

Habitat
Di alam, jenis burung ini hidup di hutan-hutan basah, terutama di bukit-bukit dataran rendah sampai daerah ketinggian 1000-2000 m di atas permukaan laut. Wilayah persebaran alaminya adalah mulai dari Sri Lanka, India, Himalaya, ke timur hingga Filipina, Jawa hingga kepulauan Sunda kecil.

Jenis
Perbedaan jantan dan betina
Berikut cara umum yang digunakan untuk membedakan jantan dan betina pada burung beo.
1. Mengamati perilaku burung beo.
Burung beo jantan dan betina menjadi dewasa secara seksual setelah satu atau dua tahun. Umumnya, beo betina lebih agresif daripada jantan. Selain itu, beo betina dewasa mungkin mulai memproduksi telur setelah mencapai usia satu tahun. Sayangnya, hal ini tidak selalu terjadi, sehingga pemilik burung beo mungkin memerlukan metode penentuan jenis kelamin lain yang lebih akurat.
2. Meraba tulang panggul burung beo.
Umumnya terdapat perbedaan struktur tulang panggul beo jantan dan betina. Pegang burung beo, dan raba tulang yang berada tepat di atas anus. Tulang beo jantan umumnya akan terletak berdekatan, dengan ruang yang hampir tidak terdeteksi di antara tulang. Sementara itu, tulang beo betina akan lebih terpisah hingga setengah senti. Pemilik yang belum berpengalaman tidak direkomendasikan menggunakan cara ini karena berpotensi melakukan kesalahan dalam penentuan kelamin beo.
3. Mengirim sampel DNA burung beo untuk diteliti.
Sampel DNA untuk menentukan jenis kelamin beo dapat terdiri atas 4-5 bulu yang telah tumbuh penuh atau sampel darah. Ada beberapa situs internet yang memberikan informasi rinci tentang bagaimana mengirimkan DNA beo untuk diteliti jenis kelaminnya.
4. Melakukan ‘pembedahan’ kelamin pada burung beo.
Ini adalah pilihan yang paling disukai oleh banyak pemilik. Bawa burung beo ke dokter hewan. Dokter hewan akan menggunakan alat yang disebut laporascope. Menggunakan alat ini dokter hewan dapat melihat organ seks beo untuk menentukan apakah beo tersebut jantan atau betina.

Makanan
Beo menyukai buah-buahan yang berdaging tebal dan tidak keras. Ia juga meminum nektar bunga. Untuk memenuhi kebutuhan protein burung beo makan serangga seperti belalang, jangkrik, capung dan telur semut.

Perawatan
Kurang lebih sama dengan burung Jalak…SND

0 komentar:

Poskan Komentar