Burung Jalak Kebo

Posted: Kamis, 16 Mei 2013 by shafa naura in Labels: , , , , , , ,
12


@Si Peniru yang Garang


Sekilas
Jalak kebo memiliki banyak sebutan yang berbeda-beda tergantung daerah masing2. Ada yang menyebut Jalak Hitam, Kerak Kebo, Jalak Kerak, Kerak Hitam, Jalak Awu dan lain-lain. Burung ini juga temasuk burung yang pintar berkicau, memiliki suara yang khas, dan juga pintar menirukan suara-suara lain yang berada di sekelilingmya. Selain itu burung Jalak Hitam ini ternyata pintar juga menirukan suara manusia, atau bisa berbicara layaknya burung Beo, hanya saja dalam mengucapkan kata-kata tidak sefasih dan sebersih burung Beo.

Habitat



Burung Jalak kebo ini suka hidup di padang terbuka, atau di daerah rawa, serta di sawah-sawah. Biasanya hidup berkelompok dalam antara 5-8 ekor sambil mengeluarkan suara yang ribut. Di habitat aslinya, burung ini bersarang di dalam lubang-lubang pohon besar. Di daerah persawahan burung Jalak kebo ini suka hinggap di atas punggung kerbau, sambil memakan kutu dan parasit lainnya yang menempel di tubuh kerbau. Oleh karena itulah burung ini di beberapa tempat di pulau Jawa disebut sebagai Jalak Kebo dan Kerak Kebo. Jalak kebo ini terdapat tersebar di beberapa pulau di Indonesia, seperti di pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali serta di beberapa daerah lain di Indonesia.

Jenis
a. Jalak Kebo Mata Kuning, pintar menirukan suara-suara di sekitarnya, dan pintar berkicau.
b. Jalak Kebo Mata Putih, tidak terlalu pintar berkicau, tetapi pintar menirukan suara manusia, seperti berbicara, layaknya burung Beo, walau tidak sefasih burung Beo. Ukuran tubuh juga lebih besar dari Jalak Hitam Mata Kuning.

Perbedaan Jantan dan Betina
Ada berbagai cara untuk membedakan burung jantan dengan betina dan biasanya penggemar burung kicauan melihat jambul yang ada diatas paruhnya, jika jambul tersebut panjang dan berdiri permanen maka dipastikan burung tersebut adalah jantan, cara tersebut masih belum menjadi acuan dalam pemilihan burung jalak kebo yang benar-benar jantan. Ada juga yang membedakan jalak kebo jantan memiliki tubuh yang panjang dan lurus sedangkan betina lebih terlihat gemuk dan pendek.

Makanan
Makanan alami burung jalak kebo ini adalah cacing tanah, jangkrik, serangga kecil, dan buah buahan. Burung ini juga tidak rewel dalam pemberian pakan.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

12 comments:

  1. Anonim says:

    siiip...

  1. Anonim says:

    pengen plihara om...

  1. Ronny Essaer says:

    gmn prwatannya?apa g ruwet?

  1. Anonim says:

    Punya gue mata kuning om...

  1. Anonim says:

    punya gue mata putih,,,,,
    lau di suruh keluar sangkar gk mau,,, itu gmana gan

  1. sering2 pdkt aja gan.salah stu cranya ya dengan mmberi mkan lngsung dari tangan kita.pelan2 tpi bertahap, pasti lma klamaan nurut ama kta.kondisi lngkungan jga berpengaruh, biasakan dg lngkungan yg rame...maaf bru bsa balas cmmentx ya...

  1. mantap...terus drawat ya om.brung ini asyik jga buat djdikan pliharaan yg jinak...salam kicau...

  1. g sulit kok.simple bget ngrawatnya...

  1. Anonim says:

    ngikut bro.....

  1. Anonim says:

    Ak punya yg mata putih kak.. Pngen cpt bisa kluar dri kndang tp gk kbur.. Pngn bisa maen2 trs loncat2 gtu..gmna cra cepatnya.. Thx

  1. Tpi termasuk brung pintar mas dn cpat beradaptasi dg lingkungan manusia. G bosan klo dah plihara brung ini...