Burung Hantu

Posted: Rabu, 22 Mei 2013 by @pohontua28 in Labels: , , , , ,
0

@Night Raider

Sekilas
1.Tito Alba - Serak / Barn Owl



Burung hantu putih berukuran besar (34 cm) dengan ciri piringan wajah berwarna putih, melebar berbentuk hati. Tubuh bagian atas kuning tua kecoklatan, pucat dengan bercak-bercak halus. Tubuh bagian bawah putih dengan bintik-bintik hitam halus. Warna keseluruhan beraneka ragam dan pada burung yang belum dewasa berwarna kuning tua lebih gelap.

Habitat
Hampir diseluruh dunia

Makanan
Tikus besar dan kecil, kalong, kadang-kadang burung lain, reptile, amfibi, dan serangga besar.

Kebiasaan
Bersembunyi pada siang hari di dalam lubang gelap dirumah-rumah, pohon, batu karang atau vegetasi yang rapat. Umumnya dihutan bakau dan pantai, tetapi muncul saat malam hari untuk berburu dilapangan terbuka. Terbang rendah diatas tanah dengan kepakan sayap tidak bersuara

2.Podilus Badius -Wowo-wiwi / Bay Owl

Burung hantu putih berukuran sedang (27 cm) berwarna coklat agak merah, bentuk tubuhnya mirip Tyto alba dengan ciri piringan wajah berbentuk hati, kadang-kadang jumbai tegak. Tubuh bagian coklat agak merah dengan bintik hitam dan putih. Tubuh bagian bawah kuning tua agak merah muda dengan bintik hitam. Wajah berwarna merah muda.

Habitat
India, Asia Tenggara, Cina Selatan, di jawa dan bali sangat jarang dijumpai, dapat ditemukan sampai ketinggian 1500m

Makanan
Tikus,burung kecil lain, reptil, amfibi, serangga, dan kadal.

Kebiasaan
Kurang diketahui, pemalu, burung hantu hutan yang aktif dimalam hari, pada saat siang terlihat duduk agak mendatar, hampir menyerupai burung paruh katak.

3. Otus Rufescens - Celepuk Merah / Reddish scops-owl

Adalah burung hantu berukuran sangat kecil (19 cm) dengan jumbai telinga sangat jelas terlihat. Tubuh bagian atas coklat agak merah dengan coretan hitam dan putih. Tubuh bagian bawah kuning tua agak merah bercoret hitam. Jumbai telinga agak kuning.

Habitat
Semenanjung Malaya, Filipina, Kalimantan, Jawa (Dataran rendah, terbatas disebelah barat).

Makanan
Diduga serangga dan binatang kecil lainnya

Kebiasaan
Sering terdapat di hutan dataran rendah, data lain kurang diketahui

4.Otus Angelinae - Celepuk Gunung / Javan Scops Own

Adalah burung hantu berukuran kecil (20 cm), berwarna kulit kayu dengan jumbai telinga yang menonjol. Tubuh bagian atas agak abu-abu coklat bercoret banyak dan bertotol hitam.

Habitat
Endemik di Jawa Barat (hanya terdapat dipegunungan agak tinggi, sebenarnya hanya tercatat dari gunung pangrango).

Makanan
Serangga besar dan kumbang

Kebiasaan
Kurang diketahui, biasanya berada dihutan pegunungan 1000-2500m

5.Otus Bakkamoena - Celepuk / Collared Scops Owl

Adalah burung hantu berukuran kecil (20 cm), berwarna keabu-abuan atau agak coklat dengan jumbai telinga yang menonjol. Tubuh bagian atas agak abu-abu pucat. Tubuh bagian bawah agak abu-abu atau coklat kuning tua dengan coretan dan bintik hitam dan kuning tua.

Habitat
India, Asia Tenggara, cina, jawa dan bali

Makanan
Serangga besar seperti kecoa, jangkrik, kumbang dan burung kecil

Kebiasaan
Bertengger pada tempat yang rendah, hampir sepanjang malam mengeluarkan bunyi sedih secra musiman. Mengintai mangsa dari tempat bertengger dan tiba-tiba menyergapnya.

6.Otus Brookei - Celepuk rajah / Rajah’s Scops Owl

Adalah burung hantu berukuran kecil (23 cm), berwarna abu-abu agak coklat dengan jumbai telinga yang menonjol. Hampir sama dengan Otus bakkamoena tetapi sedikit lebih besar dengan kerah putih yang lebar pada bagian tengkuk.

Habitat
Burung hantu yang jarang sekali dikenal. Hanya beberapa spesimen yang berasal dari daerah pegunungan di Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur.

Makanan
Serangga

Kebiasaan
Seperti burung hantu Scops lain

7.Bubo Sumatranus - Hingkik / Barred Eagle Owl

Burung hantu berukuran besar (45 cm) dengan ciri bergaris banyak berwarna abu-abu gelap dengan jumbai telinga mencolok. Tubuh bagian atas coklat agak hitam bergaris-garis halus warna kuning tua, tubuh bagian bawah abu-abu agak putih banyak bergaris hitam.

Habitat
Semenanjung Malaya, Kalimantan, Jawa dan bali (sangat jarang dihutan dataran rendah)

Makanan
Tikus besar dan kecil, ikan-ikan kecil, ular, dan burung-burung kecil.

Kebiasaan
Senang mandi dikolam dan aliran air, terbang cepat dan rendah dari tempat sembunyi pada saat menjelang gelap. Berburu dari tempat hinggap dan meloncat-loncat dengan indah.

8.Ketuapa Ketupu - Bloketupu /  Buffy Fish Owl

Burung hantu berukuran besar (45 cm) dengan ciri warna coklat kekuningan dengan jumbai telinga mencolok. Tubuh bagian atas penuh dengan garis-garis/coretan (lurik) coklat terang dengan garis-garis hitam bertepi kuning tua. tubuh bagian bawah kuning tua kemerahan dengan lurik hitam yang tebal.

Habitat
Asia tenggara, Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali (kadang terlihat dihutan dataran rendah)

Makanan
Ikan-ikan kecil, kodok, crustacean, mamalia dan reptil kecil.

Kebiasaan
Umumnya aktif dimalam hari, tetapi sebagian aktif disiang hari ditempat-tempat yang teduh dan gelap. Senang mandi dan berendam lama-lama didalam air, dan sebagian besar menangkap makanannya dari dalam air

9.Glaucidium Cuculoides - Beluk watu / Asian Barred Owlet

Burung hantu berukuran kecil (24 cm) dengan ciri warna coklat kuning kemerahan bergaris-garis halus. Tubuh bagian atas coklat berangan kemerah-merahan bergaris-garis kuning tua kemerah-merahan dengan garis putih terputus pada ujung bahu. Tubuh bagian bawah coklat merata dengan garis-garis coklat kekuningan. Bagian dada dan perut agak putih dengan sisi berwarna coklat.

Habitat
Asia tenggara, di luar Semenanjung Malaya, Jawa dan Bali (dianggap jenis yang terpisah)

Makanan
Serangga dan burung kecil

Kebiasaan
Sering berada di dusun, kebun, dan hutan sekunder. Aktif dimalam hari, namun kadang siang hari. Suaranya terdengar malam menjelang fajar


10.Ninox Scutulata - Punggok / Brown Hawk owl

Burung hantu seperti elang berukuran kecil (30 cm) dengan ciri khas tidak adanya piringan wajah. Tubuh bagian atas coklat gelap. Tubuh bagian bawah kuning tua. Coretan lebar coklat agak merah, Perut, dagu dan bercak didepan mahkota berwarna putih.

Habitat
Asia tenggara, Asia timur,Sumatra, Sulawesi dan Jawa Barat

Makanan
Serangga; Toggeret, capung, kecoa, lebah dll.

Kebiasaan
Aktif saat menjelang senja di pinggir hutan atau perkebunan dan terbang mengejar capung dan serangga lainnya yang di tangkap dengan cakarnya saat terbang.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

0 comments: