Burung Lovebird

Posted: Minggu, 08 September 2013 by @pohontua28 in Labels: , , , , , ,
0

@Burung Pembawa Cinta



Sekilas
Burung Lovebird pada awalnya burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Seiring dengan pesatnya trend dunia burung berkicau, burung Lovebird banyak dijadikan sebagai burung master dan burung lomba oleh Kicaumania di Tanah Air. Burung Lovebird sangat mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan. Karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.

Habitat
Lovebird burung asli benua Afrika dan pulau-pulau yang berdekatan dengan benua tersebut. Dalam kehidupan liar mereka berkoloni dan bersarang ditempat-tempat yang tidak terduga. Mereka tidak terlalu pilih-pilih untuk mencari tempat bersarang , sarang lovebird dapat ditemukan dicelah-celah pohon kaktus, dibawah atap gubuk, di langit-langit bekas kandang ayam, dibawah palung tempat minum hewan ternak, lubang-lubang kayu, celah-celah kayu rumah kosong, lovebird pun sering menggunakan bekas-bekas sarang burung lain dan tempat-tempat lain yang nampak mustahil.

Jenis
Secara garis besar Lovebird dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
1.Lovebird Klep/kacamata
2.Lovebird Non-klep/Non-kacamata

Perbedaan Jantan dan Betina
Membedakan Lovebird jantan dan betina memang gampang susah, namun secara sederhana dapat dibedakan seperti berikut. Ciri ciri lovebird jantan biasanya memiliki ekor yang berbentuk lancip atau seperti huruf V, sedangkan ciri ciri lovebird betina adalah biasanya memiliki ciri ciri pada ekornya yang berbentuk datar

Makanan
1. Bijian Mix. Kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.
2. Sayuran segar. Burung Lovebird sangat menggemari sayuran dan buah segar seperti: Apel, Pir, Anggur, Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.
3. Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
4. Extra Fooding. Biji bunga Matahari, biji Fumayin, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan biji Kacang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

0 comments: