8

@Beautiful Micro Bird


Sekilas
Kolibri adalah kelompok burung kecil, dan salah satu jenis kolibri terkecil di dunia yang pernah ditemukan adalah Kolibri lebah. Mereka dapat melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik (tergantung dari spesies). Mereka juga dapat terbang mundur, dan merupakan satu-satunya kelompok burung yang bisa melakukan hal itu. Kolibri dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 15 m/ detik (54 km / jam, 34 mil / jam). Seperti burung pemakan nektar lainnya dan tidak seperti burung-burung jenis lain, kolibri minum dengan menggunakan protrusible berlekuk atau palung-seperti lidah. Kolibri tidak menghabiskan sepanjang harinya dengan terbang, karena akan menyedot banyak energi, dan sebagian besar kegiatan mereka hanya duduk atau bertengger. Kolibri harus banyak makan, dan mereka makan banyak invertebrata kecil dalam makan nektar dalam jumlah lima kali berat badan mereka sendiri dalam sehari. Mereka menghabiskan rata-rata 10-15% dari waktu mereka untuk makan dan 75-80% untuk bertengger dan mencerna makanan.

Jenis, Habitat dan Perbedaan Jantan dan Betina
1.Kolibri Sepah Raja



Biasanya terlihat sendirian atau berpasangan, mengunjungi pohon dadap atau pohon berbunga lain yang mirip di tepi hutan atau perkebunan.

2.Kolibri Tasik



Lebih menyukai kawasan pinggir hutan, tempat terbuka, dan habitat pinggiran lain, termasuk perkebunan karet. Biasanya hidup sendirian atau berpasangan.

3.Kolibri Kelapa



Dikenal sebagai penetap, baik di pekarangan terbuka, perkebunan kelapa, semak pantai, dan hutan mangrove. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lainnya dari pohon atau sumber makanan yang disukainya.

4.Kolibri Jawa



Hidup berpasangan, agak ribut. Tinggal pada tajuk atas, sering mengunjungi bunga benalu. Hati-hati burung ini mirip dengan burung Cabe Jawa.

5.Kolibri Gunung



Terbang sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil, biasanya tidak jauh di atas kaki gunung. Senang mendatangi pohon-pohon yang sedang berbunga dan tumbuhan merambat di hutan lebat, hutan bekas tebangan, atau pinggir hutan.

6.Kolibri Wulung



Hidup sendirian atau berpasangan, atau terkadang bergabung dengan jenis burung lain. Lebih menyukai pinggir hutan, tumbuhan bawah, perkebunan kelapa, dan hutan cemara, dan mencari serbuk sari untuk dimakan.

7.Kolibri Hitam



Hidup di hutan mangrove, kebun kelapa di pantai atau tegakan cemara. Terbang dengan tukikan yang keras.

8.Kolibri Sriganti



Disebut juga dengan Sogok Ontong. Burung ini suka ribut. Hidup dalam kelompok kecil, berpindah-pindah dari satu pohon / semak berbunga ke pohon / semak lainnya. Burung jantan terkadang kejar-kejaran mondar-mandir dengan galak. Senang mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove, atau mendatangi bunga loranthus, morinda, pohon pepaya, dan lain-lain.

9.Kolibri Lebah



Kolibri jenis ini endemik dari negara Kuba. Beratnya tidak lebih dari 1,8 gr dan panjangnya 5cm. Burung ini dapat mengepakkan sayapnya 80 kali per detik.

Makanan
Kolibri minum nektar, cairan manis di dalam bunga. Seperti lebah, mereka mampu menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka makan; mereka tidak mendekati jenis bunga yang menghasilkan madu yang kadar gulanya kurang dari 10% dan lebih menyukai bunga dengan kadar gula yang tinggi. Nektar adalah sumber makanan yang miskin nutrisi, sehingga kolibri memenuhi kebutuhan protein, asam amino, vitamin, mineral, dll dengan makan serangga dan laba-laba, terutama ketika mereka memberi makan anak-anaknya.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

8 comments:

  1. Anonim says:

    sangat exotis sekali...

  1. g prnah bosan sejauh mata mmandang...

  1. fahlul nazar says:

    Sipppp

  1. Taufiq says:

    Mantaap surantap...

  1. Dalam menelusuri berbagai artikel yang ada disini saya menemukan content yang menarik dan berguna bagi saya, blog ini ramai pengunjung seperti situs forum pertanian yang sudah ternama? salam sukses

  1. Burung ini cocok sekali untuk memaster burung pleci karena suara tembakan dan crecetan akan dibawakan ngerol oleh burung pleci, baca artikel tentang cara perawatan burung pleci berikut ini..
    Cara Ternak Pleci Mudah dan Berhasil
    Cara Pemasteran Pleci yang Benar
    Memilih Piyikan Pleci Jantan
    Cara Pleci Mabung tetap Mau Ngalas Ngerol
    Rawatan Pleci Lomba TANPA DOPING

  1. Sukses selalu mas...Maaf sdah lama g update artikel blog.Sya ikut snang jika artikel ini bisa bermanfaat bgi orang lain.Slam kenal..

  1. Mantap infonya mas. Smga sukses slalu...