Burung Kakatua Putih

Posted: Jumat, 05 Juli 2013 by @pohontua28 in Labels: , , ,
0

@Si Cantik Berjambul Kuning


Sekilas
Kakatua putih atau dalam nama ilmiahnya Cacatua alba adalah burung berukuran sedang, dengan panjang sekitar 40 s/d 50cm, burung ini hampir semua bulunya berwarna putih. di kepalanya terdapat jambul besar berwarna putih yang dapat ditegakkan, bulu-bulu terbang dan ekornya berwarna kekuning-kuningan.

Habitat
Burung kakatua putih (Cacatua alba) merupakan endemik Indonesia. Daerah sebarannya meliputi beberapa pulau di kawasan Maluku Utara seperti pulau Halmahera, Ternate, Tidore, Kasiruta, Mandiole dan Bacan.

Perbedaan Jantan dan Betina
Burung Kakaktua Jantan
- Mata hitam pekat
- Paruh lebih besar
- Bulu ekor lebih lebar
- Bulu jenggot lebih banyak
Burung Kakaktua Betina
- Mata hitam di lingkari warna kemerah-merahan hati
- Paruh lebih kecil
- Bulu ekor tidak lebar
- Bulu jenggot sedikit kadang tidak punya jenggot

Makanan
Berikan biji-bijian dengan suplemen tambahan seperti sprouted seeds sebagai makanan kakatua. Buah-buahan dan sayuran, seperti apel, pir, plum, pepaya jeruk, pisang, peach, wortel, brokoli, dan kacang panjang juga bisa diberikan pada kakatua.

Perawatan
Cukup diperhatikan segala sesuatunya tentang burung kakatua putih ini. Misalnya makanan, minum, tempatnya, kebersihan kandang jika berada di kandang umbaran. Dan harus peka jika burung ini tampak sakit. Seringlah berkomunikasi dengan burung ini agar burung tidak stress dan menjaga kedekatan secara emosional. Shafa...

0 comments: