Burung Perkutut

Posted: Minggu, 09 Juni 2013 by shafa naura in Labels: , , , ,
2

@Sang Klangenan Pembawa Mitos
 

Sekilas
Perkutut merupakan alat pencipta kepuasan atau kenikmatan pribadi. Suaranya memberikan suasana tenang, teduh, santai, bahagia, dan seolah-olah manusia dapat berhubungan dengan alam semesta secara langsung. Selain dari itu perkutut memiliki keistimewaan luar biasa karena dianggap memiliki kekuatan gaib yang dapat mempengaruhi pemiliknya. Banyak perkutut yang berdasarkan katuranggan dipercaya memiliki pengaruh baik (membawa keberuntungan) maupun buruk (membawa sial) bagi si pemelihara. Mungkin pada jaman sekarang, hal ini sudah tidak sesuai dengan alam pikiran masyarakat modern. Tapi tidak sedikit juga orang yang mempercayai hal tersebut, khususnya masyarakat jawa dan banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat tentang burung perkutut ini.

Habitat
Burung perkutut dijumpai di dataran rendah hingga ketinggian 900 meter. Menyukai daerah tepian hutan, ladang, sawah.

Jenis
1. Geopelia Striata Striata
Yaitu perkutut yang kita kenal dan biasa kita pelihara, termasuk perkutut lokal dan perkutut Bangkok, habitat aslinya di Jawa, Bali dan Sumatera.
2. Geopelia Striata Mangeus
Dikenal sebagai perkutut Bali/Sumba yaitu perkutut yang habitat asalnya di Bali, Lombok, Sumba, Sumbawa dan Timor. Perkutut ini memiliki ciri khas kelopak matanya berwarna kuning.
3. Geopelia Striata Audacis
Perkutut yang habitat aslinya ada di kepulauan Kei dan Tanimbar.
4. Geopelia Striata Papua
Perkutut yang berasal dari Papua dan Papua New Guinea
5. Geopelia Striata Placida
Perkutut yang berasal dari Papua dan Australia Utara
6. Geopelia Striata Tranquila
Perkutut yang berasal dari Australia Tengah
7. Geopelia Striata Clelaudi
Perkutut yang berasal dari Australia Barat.
8. Perkutut Hawaii
Di Hawaii ternyata banyak terdapat burung perkutut yang hidup bebas berkeliaran di hutan dan bahkan di kota-kota dekat dengan penduduk, seperti burung gereja saja yang ada di kota-kota di Indonesia. Perkutut Hawaii ini disebut sebagai Zebra Dove dan aslinya berasal dari tanah Jawa juga yang dibawa oleh orang-orang Jawa yang pergi ke Hawaii.
9. Perkutut Bangkok
Dikenal di masyarakat kita kalau perkutut Bangkok bersuara besar dan ngebass. Sementara perkutut yang biasa ditangkap dari hutan disebut perkutut lokal bersuara kecil. Hal ini hanya salah kaprah saja, salah tetapi dianggap benar, karena perkutut Bangkok pun asalnya juga dari tanah Jawa yang sudah dikembangbiakkan dan diambil keturunannya yang bersuara besar dan banyak yang di ekspor ke Indonesia lagi. Dan saat ini hampir seluruh penghuni kandang ternak di Indonesia adalah keturunan dari perkutut yang didatangkan dari Bangkok. Trend terakhir 2008-2009 kembali perkutut dari Bangkok dan Thailand Selatan yang bersuara besar dan berujung panjang banyak didatangkan ke Indonesia sebagai indukan.

Perbedaan Jantan dan Betina
1.Melihat warna putih di atas paruh perkutut;
Perkutut jantan biasanya warna putihnya sampai ke pelipis sementara untuk burung betina tidak.
2.Meraba supit udang dari perkutut;
Apabila salah satu supit udang terasa lunak sewaktu di sentuh dibandingkan yang satunya maka burung tersebut kemungkinan besar adalah burung betina.
3.Postur Tubuh perkutut;
Burung betina biasanya memiliki postur tubuh lebih kecil dari burung jantan, dan akan sangat sulit membedakannya jika burung masih dalam keadaan piyik seteluran, yg kecil biasanya betina.
4.Segi suara;
Perkutut betina pada umumnya memiliki suara dengan volume kecil.

Makanan
Makanan utama perkutut adalah millet, beras merah, ketan hitam, jewawut, kacang hijau, gabah…

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

Nb: Perkutut putih yang langka...

2 comments:

  1. widi says:

    perkutut saat ini dah mukai ditinggal oleh orangmuda sekarangmereka beralih ke burung ocean mengapa hai ini terjadi.perkutut bila sedang manggung suaranya nyesss bikin nyaman.kalau burung kicau berisik dan tak ada pengaruhnya di perasaan bener loo

  1. sebenarnya tergantung selera om..atau mngkin juga krna kontes perkutut yang sepi dan tak seramai kontes kicau, sehingga mereka lebih memilih kontes kicau yg lebih bergengsi...