Burung Cendet

Posted: Kamis, 21 Maret 2013 by shafa naura in Labels: , , , , ,
0

@Smart Predator


Sekilas
Burung Cendet merupakan salah satu burung predator yang memiliki suara variasi isian yang sangat baik. Banyak Kicaumania yang menganggap perawatan burung Cendet ini susah. Sebenarnya, merawat burung Cendet sama mudahnya dengan merawat burung berkicau jenis lain. Burung Cendet adalah burung cerdas dari keluarga Turdidae. Burung ini akan berlaku agresif apabila lapar.Apabila mendengar suara burung lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar.Burung ini sangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapat membuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Cendet lain, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya. Selain itu, karena kemampuan beradaptasinya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak kepada manusia.
Habitat
Burung ini sering kita jumpai di area persawahan, kebun, ataupun daerah pegunungan yang masih hijau. Namun karena perburuan yang semakin marak terjadi, burung ini sudah jarang kita jumpai lagi di daerah pinggiran perkotaan.

Jenis
1. Lanius cabanisi (long-tailed fiscal )
2. Lanius collaris (common fiscal)
3. Lanius dorsalis (Taita fiscal)
4. Lanius excubitor (great grey shrike)
5. Lanius excubitoroides (grey-backed fiscal)
6. Lanius ludovicianus (loggerhead shrike)
7. Lanius schach (long-tailed shrike)
8. Lanius sphenocercus (Chinese grey shrike)
9. Lanius tephronotus (grey-backed shrike)
10. Lanius vittatus (bay-backed shrike)

Perbedaan Jantan dan Betina


a. Jantan b. Betina

Untuk yang dewasa cukup mudah, Cendet jantan kepalanya hitam full, terkadang sampai ke lehernya. sedangkan yang betina hanya separo atau hanya di atas paruh saja. Untuk yang masih muda bisa dilihat dari alis mata : untuk yang jantan alis hitamnya lebih tebal hitamnya dari pelipis mata kiri sampai mata kanan nyambung hitamnya. Sedangkan yang betina tidak nyambung hitamnya.

Makanan
1. Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Cendet. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
2. EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik buat burung Cendet yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberian EF tersebut.

Perawatan
Sesuai selera penghobi.Shafa...

0 comments: