Burung Kacamata / Pleci

Posted: Rabu, 27 Maret 2013 by @pohontua28 in Labels: , , , ,
0

@Choosey Bird


Sekilas
Burung Kaca Mata/Pleci atau bahasa ilmiahnya Zosterops palpebrosus adalah burung kecil dari family Zosteropidae yang merupakan bangsa burung petengger (passeriformes). Burung ini merupakan jenis burung yang senang bergerombol atau berkelompok, membentuk koloni besar yang bergerak dan mencari makan bersama di tajuk pepohonan. Bahkan tidak jarang ditemukan juga berbaur dengan kelompok burung kecil lain seperti burung sepah misalnya.

Habitat
Burung ini terdapat di hutan-hutan terbuka kawasan Asia Tropis, dapat ditemukan di dataran India ketimur sampai China dan Indonesia.

Jenis
Pleci Ambon
Pleci Arfak
Pleci Dahi Hitam
Pleci Jawa
Pleci Kai
Pleci Kepala Hitam
Pleci Laut
Pleci Limau
Pleci Makassar
Pleci Papua
Pleci Sulawesi
Pleci Tagula
Pleci Togian
Pleci Tual

Perbedaan Jantan dan Betina
Pleci Jantan
-Postur lebih panjang proporsional
-Ekor panjang dan berbentuk ” V ”
-Kepala terlihat besar
-Paruhnya panjang agak tebal
-Bola mata besar garis melingkar kacamata putih solid lebih tebal
Pleci Betina
-Paruh lebih pendek dan tipis
-Postur badan berbentuk bulat lebih pendek
-Bola mata normal lingkar kacamata lebih tipis dan tidak solid
-Kepala lebih kecil
-Ekor lebih pendek dengan ujung ekor yang rata

Makanan
1. PISANG KEPOK
Dalam menyajikannya harus pisang yang benar-benar sudah matang,lebih bagus lagi kalau ada pisang yang masak asli dari pohon/bukan karbitan karena selain tidak cepat membusuk .biasanya pisang yang masak hasil karbitan kurang seberapa bagus untuk momongan kita,sebab di kawatirkan masih mengandung karbit di sekitar kulit luar buah pisang kalau sampai tertelan akan mengakibatkan ganguan pencernaan,saya sarankan dalam penyajiaannya harus di cuci terlebih dahulu.
2. BUAH MENTIMUN
Biasanya saya berikan ketika burung momongan saya terlihat mulai OB (over birahi) kandungan mineralnya banyak dan bisa melancarkan peredaran aliran darah.
3. BUAH JERUK
Carilah yang manis atau biasanya "jeruk madu".buah yang satu ini sering saya berikan ketika musim Hujan atau sinar matahari sedang terik dan juga saya berikan ketika sehari sebelum saya mainkan di Lapangan atau sekedar Latber.kandungan Vitamin C pada buah jeruk dapat meningkatkan Imun dan juga bagus untuk melancarkan pencernaan.
4. BUAH TOMAT
Selain kandungan Vitmin C nya yang tinggi juga dapat menjernihkan suara momongan kita.
5. BUAH APEL MERAH
Kandungan Vitamin C nya juga tinggi dan dapat pula sebagai menu pendongkrak Birahi,buah apel merah juga menjadi salah satu menu wajib salah satu momongan saya ketika akan di Trek ke Lapangan.
6. BUAH SAWO
Bagus untuk mendongkrak momongan kita agar lebih Gacor dan Cerewet untuk berkicau.buah yang satu ini juga sering saya berikan ketika burung saya males berkicau dan tidak tahu apa penyebabnya.dalam menyajikan buah Sawo cari yang Matang,terlihat ketika anda belah/pisah dengan Tangan maka tidak terlihat adanya Getah.ingat dalam menyajikan buah sawo jangan sampai masih ada getahnya karena dapat mengganggu jaringan pita suara.dan lagi dalam memberikannya cukup satu hari saja buah sajikan setelah itu sisa buah harus di buang.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

0 comments: