Burung Cucak Kombo

Posted: Sabtu, 25 Januari 2014 by @pohontua28 in Labels: , , , ,
2

@Si Penjaga Keseimbangan Alam

Sekilas
Cucak Kombo mulai meramaikan dunia perburungan akhir-akhir ini (Januari 2014). Namanya sedikit demi sedikit mulai dikenal dikalangan hobiis burung. Bukan hanya itu, karena suaranyapun terdengar begitu indah dan juga cocok untuk dijadikan masteran burung-burung lain. Dari fisiknya, burung ini memiliki panjang sekitar 12 hingga 16 cm. Paruhnya panjang serta runcing yang merupakan ciri khas burung penghisap madu serta pemakan serangga.

Habitat
Burung ini sering ditemukan di hutan yang rindang serta tidak terlalu jauh dari sumber air, seperti pada hutan bakau maupun hutan lebat di sekitar pinggiran sungai, perkebunan, serta di hutan tropis.

Perbedaan Jantan dan Betina
Untuk membedakan burung jantan dan betinanya agak sulit jika burung masih muda, sebab warna bulunya memiliki banyak kemiripan. Namun jika sudah dewasa akan nampak perbedaanya secara nyata. Pada betinanya , bagain bawah perutnya serta pada paruhnya memiliki garis yang berwarna kuning. Sedangkan punggungnya juga cenderung berwarna kuning. Warna tubuhnya agak kusam.

Makanan
Makanan utama dari Cucak kombo adalah sari bunga serta serangga kecil, seperti lalat, semut, tawon, kumbang, serta ulat.

Perawatan
Sesuai selera penghobi. Shafa...

Nb : Burung Cucak kombo atau kecial kombo ini termasuk spesies yang dilindungi melalui PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, disertai dengan lampiran tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, lengkap dengan nama spesies dan nama lokal (Indonesia).

2 comments:

  1. Ilham Sihabudin KALTIM says:

    AYO KITA LINDUNGI DENGAN TERUS MENJAGA KELESTARIAN DI HABITATNYA...